Minggu, 10 November 2013

Ragam Bahasa

1. Ragam Bahasa Lisan
    Dalam ragam lisan, kita berurusan dengan tata bahasa, kosakata, dan lafal. Pembicara dapat memanfaatkan tinggi rendahnya suara atau tekanan, mimik wajah, gerak tangan atau isyarat untuk mengungkapkan sebuah ide. Dalam ragam bahasa lisan, gerakan tubuh ikut mendukung komunikasi yang dilakukan.

 - Ragam bahasa baku lisan
    Ragam bahasa baku lisan didukung oleh situasi pemakaian sehingga kemungkinan besar terjadi pelesapan  kalimat. Ketepatan dalam pilihan kata dan bentuk kata serta kelengkapan unsur-unsur didalam struktur  kalimat tidak menjadi ciri kebakuan karena situasi dan kondisi pembicaraan menjadi pendukung dalam  memahami makna gagasan yang disampaikan secara lisan.

2. Ragam Bahasa Tulisan
    Ragam bahasa tulis adalah bahasa yang dihasilkan dengan memanfaatkan tulisan dengan huruf-huruf sebagai unsur dasarnya. Disini kita akan berurusan dengan tata cara penulisan atau ejaan, dengan kata lain dalam ragam bahasa tulis ini kita dituntut adanya kelengkapan unsur tata bahasa seperti bentuk kata ataupun susunan kalimat, ketepatan pilihan kata, penggunaan ejaan yang baik dan benar, dan penggunaan tanda baca.


 - Ragam bahasa baku tulis

   Dalam ragam bahasa baku tulis makna kalimat yang diungkapkannya tidak ditunjang oleh situasi  pemakaian. Oleh karena itu, diperlukan kecermatan dan ketepatan dalam pemilihan kata, penerapan kaidah  ejaan yang benar, struktur bentuk kata dan struktur kalimat, serta kelengkapan unsur-unsur bahasa.

3. Ragam Bahasa Sosial
    Ragam sosial yaitu ragam bahasa yang sebagian norma dan kaidahnya didasarkan atas kesepakatan bersama dalam lingkungan sosial yang lebih kecil dalam masyarakat. Ragam sosial yang digunakan dalam keluarga atau dengan sahabat dan teman memiliki ragam sosial tersendiri.

4. Ragam Bahasa Fungsional.
    Banyak juga yang menyebut Ragam ini dengan Ragam Profesional, yang maksudnya adalah ragam bahasa yang dikaitkan dengan profesi, lingkungan kerja, lembaga, atapun kegiatan tertentu lainnya. Ragam ini dikaitkan dengan keresmian keadaan penggunanya.





------------------------------------Source1 | Source2 | Source3 ---------------------------------------
By: Adlina Khairadini (10111258)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar