Sabtu, 09 November 2013

Korea's Idol Fangirl!

Apa sih Fangirl itu? 
Bisa dibilang, itu adalah sebutan untuk seseorang yang mengidolakan public figur. Fan yang maksudnya adalah seorang fans, dan girl itu ditujukan ke perempuan (fans wanita). Ada juga sebutan Fanboy yang ditujukan untuk fans pria.
Saya ambil contoh dari pengalaman saya sebagai Fangirl  yang mengarah ke Idola Korea. Sebagai fans, pastinya banyak melakukan hal yang berkaitan dengan idolanya. Seperti salah satunya, menonton konser musiknya, datang ke acara fan-meet sang idola, selalu update tentang apa yang dilakukan idola, bahkan hafal betul kegiatan dan bagaimana kehidupan sang idola diluar tanggung jawabnya sebagai entertainer.
Yang namanya idola, pasti tak hanya memiliki banyak fans, tapi pasti juga memiliki beberapa kumpulan orang yang tidak suka atau menolak yang sering disebut 'Haters'. Bagaimanapun, seorang Fangirls tak akan bisa menghalangi adanya Haters yang selalu berusaha menjatuhkan idolanya. Karena terkadang, apa yang dikatakan Haters sekalipun menjatuhkan, tapi ada benarnya juga dan biasanya dijadikan introspeksi diri untuk sang idola.
Seorang yang diidolakan harus bisa menerima berbagai kritik walau tidak ingin diterimanya. Maka dari itu seorang Fangirl yang pastinya selalu mendukung atau men-support sang idola apapun yang diterimanya.

Fangirl yang saya tahu, ada dua macam. Fangirl yang menggilai hingga terobsesi kepada idolanya, dan Fangirl yang mendukung apapun tanpa menganggu privasi sang idola. Biasanya Fangirl yang menggilai atau sampai terobsesi kepada sang idola, mereka berani melakukan apapun demi memasuki kehidupan idolanya. Sekecil dan serahasia apapun yang dilakukan idolanya, mereka akan terus mengikuti dan mencari tahu. Terkadang para idola pun merasa risih atau kesal dengan keberadaan para Sasaeng-fans ini (sebutan untuk seseorang/kelompok orang korea yang sangat menggilai idolanya). Sesuka atau secintanya apapun kita sebagai fans, setidaknya harus menghargai privasi/urusan idolanya. Para Sasaeng ini saking terobsesinya kepada idola, kemanapun dan sejauh apapun sang idola pergi, mereka pasti menguntit. Istilahnya 'apa sih yang mereka tidak tahu tentang sang idola'.
Sedangkan Fangirl yang baik itu hanya mendukung, mensupport terhadap apapun yang dilakukan idolanya. Karena menjadi seorang Idola, pastinya membutuhkan dorongan yang positif dari orang-orang yang mencintainya, bukan yang berusaha mengetahui hak privasinya. Tanpa Fangirl, seorang idola bukanlah apa-apa. Karena itu juga sang idola harus selalu berusaha keras membuat hal positif agar para fans tidak melepaskan dan semakin mendukungnya.

Siapakah idola kesayangan kalian? Jadilah seorang fans yang membuat idola kamu bangga. Jangan menyakiti, bersikap anarkis atau bahkan terlalu terobsesi hingga kamu melupakan posisi kamu sebagai seorang fans yang sewajarnya. :D
-----------------------------------------------------------------------------------------------------
Article by: Adlina Khairadini (10111258)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar