Jumat, 04 April 2014

Ragam Bahasa Indonesia


Macam ragam bahasa indonesia, yaitu:

1. Ragam bahasa lisan
Dalam ragam lisan, kita berurusan dengan tata bahasa, kosakata, dan lafal. Pembicara dapat memanfaatkan tinggi rendahnya suara atau tekanan, mimik wajah, gerak tangan atau isyarat untuk mengungkapkan sebuah ide. Dalam ragam bahasa lisan, gerakan tubuh ikut mendukung komunikasi yang dilakukan.

2. Ragam bahasa tulisan 
Ragam bahasa tulis adalah bahasa yang dihasilkan dengan memanfaatkan tulisan dengan huruf-huruf sebagai unsur dasarnya. Disini kita akan berurusan dengan tata cara penulisan atau ejaan, dengan kata lain dalam ragam bahasa tulis ini kita dituntut adanya kelengkapan unsur tata bahasa seperti bentuk kata ataupun susunan kalimat, ketepatan pilihan kata, penggunaan ejaan yang baik dan benar, dan penggunaan tanda baca.
  
3. Ragam bahasa sosial 
Ragam sosial yaitu ragam bahasa yang sebagian norma dan kaidahnya didasarkan atas kesepakatan bersama dalam lingkungan sosial yang lebih kecil dalam masyarakat. Ragam sosial yang digunakan dalam keluarga atau dengan sahabat dan teman memiliki ragam sosial tersendiri.

4. Ragam bahasa fungsional
Banyak juga yang menyebut Ragam ini dengan Ragam Profesional, yang maksudnya adalah ragam bahasa yang dikaitkan dengan profesi, lingkungan kerja, lembaga, atapun kegiatan tertentu lainnya. Ragam ini dikaitkan dengan keresmian keadaan penggunanya.

Sumber: >> Klik disini <<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar