Minggu, 31 Maret 2013

Perilaku Konsumen

I. PENDAHULUAN

    Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah proses pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan mudah, dan untuk barang berharga jual tinggi, pengambilan keputusan bisa dilakukan dengan pertimbangan yang cukup matang.


II. PENDEKATAN PERILAKU KONSUMEN
  • Pendekatan Kardinal/Nilai Guna;  manfaat yang diperoleh seorang konsumen dapat dinyatakan secara kuantitif, dimana keseimbangan konsumen dalam memaksimumkan kepuasan atas konsumsi berbagai macam barang, dilihat dari seberapa besar uang yang dikeluarkan untuk membeli unit tambahan dari berbagai jenis barang akan memberikan nilai guna marginal yang sama besarnya. 
  • Pendekatan Ordinal; manfaat yang diperoleh masyarakat dari mengkonsumsikan barang-barang tidak kuantitif. Pendekatan ini muncul karena adanya keterbatasan-keterbatasan yang ada pada pendekatan kardinal.
Persamaan dari kedua pendekatan: sama-sama menjelaska tindakan konsumen dalam mengkonsumsi barang-barang yang harganya tertentu dengan pendapatan konsumen yang tertentu juga agar konsumen mencapai tujuannya.
Perbedaan dari kedua pendekatan: pandangan antara besarnya utility menganggap bahwa besarnya utility dapat dinyatakan dalam angka atau bilangan. Sedangkan ordinal, besarnya utility dapat dinyatakan dalam bilangan atau angka. Kardinal menggunakan alat analisis yang dinamakan marginal utility, sedangkan ordinal menggunakan kurva kepuasan sama.


III. KONSEP ELASTISITAS
  • Harga; elastisitas harga (Ep) mengukur berapa persen permintaan terhadap suatu barang berubah bila harganya berubah sebesar satu persen.
Ep = Presentase perubahan jumlah barang yang diminta
 Presentase perubahan harga 
  • Silang; elastisitas silang (Ec) mengukur presentase perubahan permintaan suatu barang sebagai akibat perubahan harga barang lain sebesar satu persen.
Ec = Presentase perubahan jumlah barang X yang diminta
Presentase perubahan harga barang Y
  • Pendapatan; elastisitas pendapatan (Ei) mengukur berapa persen permintaan terhadap suatu barang berubah bila pendapatan berubah sebesar satu persen.
Ei =  Presentase perubahan jumlah barang yang diminta
Presentase perubahan pendapatan








Adlina Khairadini (10111258)
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Sumber 1 Sumber 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar