Minggu, 26 Mei 2013

Struktur Pasar

1. Pasar Persaingan Sempurna.
Perekonomian merupakan pasar persaingan sempurna, yang artinya struktur pasar ini adalah struktir yang paling ideal. Karena dapat menjamin berlangsungnya aktivitas produksi dengan tingkat efisiensi yang sangat tinggi. Jenis pasar persaingan sempurna ini akan terjadi ketika jumlah produsen yg sangat banyak dan juga memproduksi barang atau jasa yg sama atau mirip juga dengan jumlah yang banyak. Adapun beberapa model persaingan sempurna yg biasa diasumsikan sebagai berikut:
  • Terdapat sangat banyak penjual dan pembeli.
  • Produk yang diproduksi para produsen sebagian besar homogeny atau identik/mirip dengan produsen-produsen lainnya.
  • Setiap produsen adalah pengamil harga, produsen dapat menawarkan produk berapapun jumlahnya dengan harga pasar tersebut.
  • Perusahaan-perusahaan bebas masuk dan keluar pasar.
  • Memaksimumkan keuntungan adalah tujuan dari semua perusahaan.
  • Tidak ada intervasi pemerintah didalam pasar.
  • Faktor-faktor produksi bebas berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain dengan melalui mekanisme ekonomi.
  • Pengetahuan yang sempurna.
  2. Pasar Monopoli.
Monopoli adalah suatu pasar dimana hanya ada satu perusahaan saja dan perusahaan tersebut tidak memiliki barang pengganti yang dekat. Karena hanya ada satu perusahaan saja, dgn begitu barang yg dihasilkan tidak dapat dibeli ditempat lainnya. Perusahaan pun tidak memerlukan iklan untuk mempromosikan barangnya, karena para pembeli yg membutuhkan pasti akan terpaksa membeli padanya. Beberapa faktor yang menimbulkan monopoli antara lain;
- Perusahaan monopoli pasti memiliki satu sumber yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain.
- Biasanya perusahaan monopoli ini akan mencapai ke tingkat tertinggi dalam skala ekonomi.
 - Perusahaan monopoli berkembang melalui undang-undang yaitu pemerintah memberi hak monopoli kpd salah satu perusahaan.


3. Monopolistik.
Pasar monopolistik adalah suatu pasar yang berada diantara pasar persaingan sempurna dengan monopoli. Secara umum, pasar ini dapat diartikan sebagai suatu pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan dan menjual produk yang berbeda coraknya atau tidak homogen. Dalam pasar persaingan monopolistik, harga bukan penentu utama besarnya pasar. Oleh karena itu untuk menarik pelanggan, perusahaan harus aktif dalam mempromosikan produknya, memperbaiki pelayanan, meningkatkan kualitas produk, dan lainnya.


4. Oligopoli.
Oligopoli adalah suatu bentuk pasar yang di dominasi oleh beberapa perusahaan dan penjual dalam satu wilayah. Contoh industri ini adalah industri semen di Indonesia.
Ciri-ciri dari pasar oligopoli adalah sebagai berikut;
- Kebanyakan dari perusahaan dgn pasar ini menjual produk bahan mentah, seperti industri semen dan bahan bangunan lainnya.
- Kekuasaan dalam menentukan harga dalam pasar ini ada kalanya lemah dan bisa juga menjadi tangguh.
- Perusahaan oligopoli ini sangan membutuhkan promosi atau iklan. Karena dgn tujuan menarik para pembeli dan mempertahankan pelanggan lama.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Source

Tidak ada komentar:

Posting Komentar